Setelah 6 Tahun, RIM Akhirnya
Buka Kantor di Indonesia
Siapa yang tidak tahu Blackberry di
Indonesia ini? Handset smartphone yang satu ini sangat terkenal sekali
di negara kita tercinta ini, khususnya aplikasi chat mereka yaitu
BlackBerry Messenger yang penggunaannya sudah menjadi wabah dan life
style tersendiri di Indonesia. Meskipun Blackberry sangat terkenal di
Indonesia ini, tapi tidak sedikit pengguna Blackberry yang tidak
mengetahui apa itu RIM (Research In Motion). Padahal Blackberry sendiri
adalah produk dari RIM, yang notabene sudah masuk Indonesia di kisaran
tahun 2004, berarti sudah mendekati 6 tahun di Indonesia. Tetapi baru
pada tanggal 9 november 2010 kemarin RIM selaku produsen BlackBerry
membuka kantor resminya di Jakarta, Indonesia yang bernama PT. Research
In Motion Indonesia.
RIM saat ini telah merencanakan
pembukaan 36 pusat layanan pelanggan resmi BlackBerry sampai akhir
2010. Produk BlackBerry di Indonesia juga mulai saat ini mendapat
jaminan garansi selama 24 bulan. RIM telah memiliki tiga mitra
distributor lokal yakni PT Teletama Artha Mandiri, PT Comtech Cellular,
dan PT Selular Media Infotama. Ketiganya bekerja sama dengan
Brightpoint. BlackBerry juga didistribusikan melalui sejumlah operator
seluler di Indonesia.
Berkenaan dengan didirikannya PT.
Research In Motion Indonesia, Gregory Wade (Managing Director RIM
se-Asia Tenggara) mengatakan:
Pendirian PT RIM Indonesia adalah
sebuah milestone bagi perusahaan kami sekaligus merupakan bukti konkret
komitmen investasi jangka panjang yang kami lakukan di Indonesia.
Terima kasih untuk semua dukungan dan persetujuan dari Badan
Koordinator Penanaman Modal (BKPM) atas berdirinya PT RIM Indonesia.
Kami sangat bersemangat untuk membuka kantor kami dan
menumbuhkembangkan tim di Indonesia.
Gregory Wade di peluncuran PT. Research In Motion Indonesia
Memang jika dibandingkan dengan jumlah
total populasi di Indonesia, total pengguna BlackBerry masih sangatlah
kecil, walaupun begitu si BlackBerry memiliki peningkatan yang luar
biasa dari tahun ke tahun bahkan dari bulan ke bulan. Di negara kita
Indonesia ini, para operator telco sangat berperan penting dalam
menjadikan BlackBerry sebagai “Smartphone BRAND that everybody wants”.
Di mulai dari si Indosat yang memiliki tagline yang sangat berpengaruh
untuk BlackBerry di Indonesia yaitu “always on, always connected
lifestyle”. Dan kalau kita ingat lagi, Blackberry di Indonesia pernah
meraih peningkatan pelanggan sampai dengan 450% di tahun 2008.